Minggu, 18 November 2018

KEKUATAN GABUNGAN 2 TUJUAN YANG SAMA


By: Agni Ardi Pratama
Mahasiswa Teologi-Konseling Kristen
UKRIM
Yogyakarta, 19 November 2018

Shalom,
   Kebiasaan lama yang sering terulang, saya sering berhenti mencari topik untuk penelitian skripsi gara-gara ada topik yang lebih menarik. Seperti hari ini, dimana segenap niat dan tekad sudah terisi penuh eh... ada topik yang sayang banget kalau dilewatkan. Saya menemukannya di salah satu buku favorit judulnya ''Mengejar Kebahagiaan'' yang ditulis oleh seorang psikiater. Namanya bapak Frank Minirt. Beliau menuliskan begini:

   ''.....Dr. Glasser menyatakan bahwa dua orang dipersatukan karena satu dari tiga alasan berikut-- Kecepatan (percintaan dengan kecepatan daya tariknya), Kualitas (persepsi bahwa orang lain adalah orang yang berkualitas, entah secara sosial atau jabatannya), atau Kedalaman (tujuan hidup bersama). Yang terakhir merupakan ide yang bagus. Mengapa kita tidak mendasarkan kehidupan perkawinan di atas sebuah tujuan hidup yang sama?

Lagi, Beliau menambahkan:
    ''....Otak memiliki lebih dari seratus miliar sel, dan setiap sel memiliki sampai seratus ribu sinapsis. Kekuatannya sungguh menakjubkan. Ia menentukan hidup dan mati kita. Semua kekuatan otak tersebut dapat diarahkan pada satu titik untuk memenuhi sebuah tujuan yang mengatasi segala-galanya. Betapa besar kekuatan yang dihasilkan manakala kita bergabung dengan pasangan kita untuk mengejar sebuah tujuan! Dan, tujuan itu akan memiliki makna yang kekal tatkala menjadi sebuah tujuan demi Kristus.''

Nah, menarik bukan? Setiap dari kita tentu mendambakan pasangan hidup yang kriterianya beda-beda antara satu sama lain. Sebab menikah dan berkeluarga bukan sekedar seminggu dua minggu. Orang yang menjadi teman hidup artinya teman seumur hidup. Oleh karena itu, saya setuju sekali pendapat Pak Glasser dan Pak Frank Minirt, Tujuan yang sama dan tergabung itu dahsyat untuk  sistem keluarga Kristen yang sehat. Harusnya itu menjadi kriteria wajib. Namun, jangan diabaikan juga pasangan hidup harus yang lawan jenis ya hehe.. Bagaimana menurut Saudara?

Tuhan Yesus memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar