Sabtu, 08 September 2018

KESEPIAN DAN TIPE KEPRIBADIAN



BUKU : MENGEJAR KEBAHAGIAAN
HAL : 129-130
BY : FRANK MINIRT, M.D.



Setiap kepribadian dapat memiliki gejala kesepian. Karenanya, seorang konselor kiranya dapat membantu Anda untuk mendapatkan berbagai teknik guna mengatasi penyebab tertentu kesepian di dalam tipe kepribadian Anda.
Orang dengan kepribadian Obsesif-Kompulsif memiliki karakter perfeksionis, dingin, gila kerja, keras kepala dan merasa tidak aman. Mereka orang yang rapi, bersih, teratur, dan patuh. Mereka selalu bersungguh-sungguh dan sangat cermat. Mereka kerap bekerja sangat keras hingga sulit meluangkan waktu untuk bersantai. Mereka memiliki perhatian terhadap segala hal dan nurani yang sangat kuat. Untuk menangani hal ini, mereka menggunakan akal sehat guna menghindari emosi. Orang dengan kepribadian obsesif-kompulsif cenderung sangat penuntut. Mereka perlu mengendorkan diri. Mereka perlu lebih terbuka terhadap orang lain dan membiarkan orang lain mendekat supaya tidak menjadi kesepian.
Orang dengan kepribadian Histeris kerap kali terlalu emosional dan kelihatannya sangat terbuka. Kadang kala mereka mudah sekali menjalin relasi fisik, tetapi kedekatan emosional yang mereka dambakan justru tidak terpenuhi. Kiranya baik bagi mereka untuk mengolah kedekatan emosional yang sehat sembari menetapkan batas-batas tertentu di dalam bidang seksual.
Orang dengan kepribadian Paranoid yang terlalu mudah menaruh curiga lebih baik berusaha menunjukkan kepercayaan, belas kasih, pengampunan, dan kasih Allah ketika mereka mengusahakan kedekatan dengan orang lain.
Orang dengan kepribadian Garis batas, yang memiliki ketidakstabilan berkaitan dengan suasana hati, relasi, dan citra diri, perlu mengubah tipe pemikiran mereka yang ekstrem atau hitam-dan-putih. Mereka perlu menyadari bahwa orang lain tidak sepenuhnya orang kudus atau sepenuhnya pendosa, tetapi berada di antara kedua ekstrem tersebut. Memiliki suatu cara pandang yang seimbang dapat membantu kita untuk menjadi dekat dengan orang lain.
Beberapa kepribadian (Narsistik dan Sosiopatik) bersifat berpusat pada diri sendiri dan bukan pada orang lain. Akan baik bagi mereka untuk berusaha berfokus kepada orang lain.
Orang dengan kepribadian Pasif-agresif hendaknya mengolah setiap perilaku mengalah yang justru membuat mereka kesepian.
Pengenalan kepribadian Anda melalui konseling dapat membantu Anda untuk mengatasi pola perilaku maladaptive yang sudah membatu, yang berperan dalam memunculkan rasa kesepian. Seorang konselor yang bijak dapat sangat membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar